Jumat, 28 Desember 2012

RESOLUSI AKHIR TAHUN



Ketika hendak jumatan hari ini, tanpa sengaja saya membaca catatan kecil yang saya tulis tentang 5 AR yang pernah disampaikan oleh Ayahanda Drs. H. Rasyidin Bina, MA (Direktur Pesantren Ar Raudlatul Hasanah Medan http://www.raudhah.ac.id/ ) dalam suatu pertemuan di Pesantren (saya lupa pastinya. 5 AR tersebut yang manjadi landasan tulisan ini.

Bicara tentang resolusi akhir tahun berarti bicara tentang angan-angan, rencana besar dan atau target yang hendak dikejar di tahun berikutnya. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata resolusi diterjemahkan sebagai re·so·lu·si /rĂ©solusi/ n putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tt suatu hal.

Sehingga resolusi sering dimaknai sebagai sebuah keinginan yang hendak dicapai atau di gapai. Sehinnga wajar saja, bila banyak status fb yang di-update atau tweet yang akan muncul di akhir tahun mengenai resolusi masing - masing.

Banyak hal yang telah dilalui dalam kehidupan satu tahun terakhir ini, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Saat akhir tahun seperti ini merupakan saat yang tepat untuk merenungkan resolusi yang telah dibuat tahun lalu, sebagai bahan  dalam membuat resolusi pribadi agar tahun depan bisa lebih baik dari tahun yang akan berlalu.

Sebagai bahan bacaan dan renungan dalam membuat resolusi akhir tahun, ada baiknya kita mengkaji 5 AR yang Ayahanda Drs. H. Rasyidin Bina, MA sampaikan sebagai syarat kalau mau menjadi orang yang besar.
1.      SADAR : akan kekurangan
Agar angan-angan dan cita-cita kita terwujud, maka ada baiknya bila diawali dengan berintrospeksi diri. Melakukan introspeksi diri pada dasarnya langkah konkrit dan wujud sadar untuk memahami kekurangan dan kelemahan pribadi, karena berintrospeksi laksana bercermin sehingga mampu melihat kekurangan sendiri dalam mencapai angan dan mimpi yang ingin dicapai namun belum mampu terwujudkan.

2.      BELAJAR : dari setiap hal
Dengan menyadari kekurangan dan kesalahan yang pernah kita lakukan dalam mengejar mimpi, maka kita harus belajar memperbaikinya dan meningkatkan kemampuan agar tahun depan pencapaian kita bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

3.      IKHTIAR : usaha tiada henti
Membuat resolusi tidaklah hanya untuk dijadikan angan-angan dan ditulis diatas kertas atau sebagai status fb agar terlihat keren belaka. Namun diperlukan usaha yang gigih dalam mencapai mimpi dan angan tersebut; usaha yang tiada henti
Go the extra mile. --tu kata mahfudzot--

4.      SABAR : akan semua ujian dan cobaan
Bila usaha sudah optimal dan maksimal namun masih belum menghasilkan hasil yang memuaskan diri, ingat jangan emosi !, apa lagi langsung putus asah dan menyalahkan hal-hal yang tidak berkaitan langsung. Karena semua hal tersebut ujian dan bukti cinta Allah kepada kita.

5.      JANGAN INGKAR : bila mendapat rizki dan nikmat
Namun bila usaha tersebut terbalas dengan hasil yang memuaskan alias angan – angan tercapai, ingat hal tersebut juga ujian dari Allah ; ujian kenikmatan. Jadi jangan pernah ingkar nikmat, bersyukurlah ...!
Terlebih lagi kalau mau bertahaddus ni’mat. :-)

Semoga 5 AR diatas bermanfaat untuk kita sebagai bahan renungan dalam membuat dan mengejar resolusi di tahun 2013.
Selamat Bermimpi dan Menggapai mimpi ...!!!


2 komentar:

  1. Hahaha
    Masih inget yang jadiin kalimat tu jadi jimat???
    :-D

    BalasHapus